@thesis{thesis, author={Andeka Wisuda and Darwis Darwis and Ismiati Ismiati and MEILANDA MUHAMMAD TEGAR and Patroni Rini}, title ={Analis Perilaku Kecanduan Gadget di Kalangan Anak Remaja pada Era New Normal di Desa Talang Kering, Kabupaten Bengkulu Utara Tahun 2021}, year={2021}, url={http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/833/}, abstract={Gadget adalah perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.Sehingga menyebabkan tingginya angka penggunaan gadget dikalangan remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah dampak dari kecanduan gadget di kalangan remaja. Metode peneltian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di Desa Talang Kering Kecamatan Air Napal Kabupaten BengkuluUtara. Sumber data diperoleh melalui metode wawancara mendalam . Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan utama yaitu 5 orang remaja yang memiliki Gadgetdi Desa Talang Kering serta informan pendukung 1 orang tua, 1 guru, dan 1 kepala desa. Hasil penelitian ini adalah sebagian besar remaja banyak mendapatkan manfaat positif dari penggunaan gadget diantaranya para remaja lebih mudah untuk mengakses materi pelajaran melalui internet. Remaja yang diteliti jarang berada dirumah dan lebih memilih untuk bermain game bersama teman yang juga memiliki gadget. Sebagian kecil remaja yang sering berada dirumah hanya berada di kamar dan asik dengan gadget , hal ini menyebabkan komunikasi dengan anggota keluarga menjadi berkurang. Rata-rata remaja saat ini menghabiskan waktu lebih dari 7 jam perhari untuk menggunakan gadget. Bahkan ada remaja yang menghabiskan waktu lebih dari 10 jam untuk bermain gadget.Remaja menghabiskan biaya mulai dari Rp. 100.000,- hingga Rp. 200.000,- selama sebulan. Sehingga diharapkan orang tua dapat mendidik dan mengontrol anak agar terhindar dari dampak buruk kecanduan gadget.Remaja jugadiharapkan dapat mengontrol diri, berpikir kritis, dan lebih bijak dalam menggunakan gadget.} }