@thesis{thesis, author={AYULESTARI IKE and Baska Dwi Yunita and Eliana Eliana and Mariati Mariati and Rachmawati Rachmawati}, title ={Pengaruh Finger Painting terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah di TK IT Sakinah Kabupaten Bengkulu Utara}, year={2022}, url={http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/944/}, abstract={Berdasarkandatariskesdasanakusiadibawahlimatahun(balita)diIndonesia 16% terkena gangguan perkembangan otak dan saraf akibatnya balitaakan mengalami gangguan kecerdasan, gangguan pendenmgaran dan gangguanmotorik. Provinsi Bengkulu menyumbang pravelensi balita usia 36-59 bulan yangmengalamigangguan perkembangan sebesar8,3%(Riskesdas, 2018) Penelitianinimenggunakanmetodepenelitianquasieeksperimentaldesign.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhanakTKITSakinahKabupatenBengkuluUtarausia4-5tahunberjumlah28orang,denganpengambilansampelmenggunakantotalsamplingsehinggadidapatkan28responden, 14 orang kelompok intervensi dan 14 orang kelompok kontrol yangdiambilmenggunakan teknikpurposive sampling. Data dianalis menggunakananalisis univariat dan bivariat menggunakan uji wilcoxon sign rank dan uji mannwhitney. Hasilpenelitianinidiketahuibahwarata-rataskorperkembanganmotorikhalusanakprasekolahusia4-5tahunpadakelompokintervensididapatkanselisihpeningkatansebesar4,36dankelompokkontrolrata-ratapeningkatan sebesar 2,93. Hasil uji mann whitney p-value 0,001 < 0,05 artinya adapengaruhpemberiankegiatanfingerpaintingterhadapperkembanganmotorikhalus anak prasekolah. Ini membuktikan bahwa pemberian finger painting dapatmeningkatkan rata-rata skor perkembangan motorik halus lebih tinggi dari padatracing. SaranuntukTKITSakinahkabupatenBengkuluUtaraagardapatmemanfaatkan media finger painting untuk meningkatkan perkembangan motorikhalusanakprasekolah.} }