@thesis{thesis, author={AZIZAH AZIZAH}, title ={DESAIN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMA CITA-CITAKU SUBTEMA HEBATNYA CITA-CITAKU KELAS IV SD/MI}, year={2019}, url={http://repository.radenfatah.ac.id/10013/}, abstract={Desain pengembangan bahan ajar tematik integratif tema cita-cita subtema hebatnya cita-citaku dilakukan karena belum dimasukannya kearifan lokal kota Palembang didalam pembelajaran berupa kesian daerah, tarian adat, tempat bersejarah, upacara adat, objek wisata, kuliner dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kearifan lokal kota Palembang. Maka dari itu, perlu diadakannya pengembangan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan agar dapat memudahkan peserta didik untuk memahami materi pembelajaran dan lebih mengenal kearifan lokal kota Palembang yang merupakan daerah tempat tinggalnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal tema cita-citaku subtema hebatnya cita-citaku yang valid, praktis, dan efektif . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (Research and Developmen) dengan menggunkan model pengembangan Tessmer. Model pengembangan Tessmer ini terdiri dari dua tahap yaitutahap Preliminary yang terdiri dari tahap pesiapan dan tahap pendesaianan serta tahap Formative evalution yang terdiri dari tahap expert review, one to one, small group, dan fiel test. Namun, pada penelitian ini peneliti hanya melakukan pengembangan pada tahap small group saja dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan tes. Subjek penellitian ini adalah peserta didik kelas IV E di MIN 2 Kota Palembng dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 orang. Dari hasil pengembangan yang dilakukan keimpulan, (1) Menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal Palembang yang valid dari dilihst dengan hasil skor serta saran dan komentar dari validator dengan hasil kevalidan sebesar 79. (2) Menghasilakan bahan ajar tematik ntegratif berbasis kearifan lokal palembang yang praktis dilihat dari hasil angket respons peserta didik sebesar 100. (3) menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal Palembang yang efektif dilihat darihasil evaluasi peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 84atau 84% nilai ? 75} }