@thesis{thesis, author={KURNIAWAN ACHMAD}, title ={Strategi Public Relations PT. Pertamina (PERSERO) Marketing Operation Region II Palembang Dalam Memasarkan Bahan Bakar Minyak (BBM) Melalui Program Berkah Energi Pertamina}, year={2019}, url={http://repository.radenfatah.ac.id/10483/}, abstract={Program Berkah Energi Pertamina merupakan apresiasi pertamina kepada konsumen yang loyal dan senantiasa setia dengan produk-produk unggulan pertamina, baik BBM, Pelumas maupun Bright Gas, Program Berkah Energi Pertamina juga bertujuan meningkatkan penggunaan aplikasi MyPertamina. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah strategi Public Relations yang digunakan PT.Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II Palembang dalam memasarkan bahan bakar minyak (BBM) melalui progam baru yaitu Program Berkah Energi Pertamina dan Faktor Pendukung dan Penghambat Public Relations PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II Palembang Dalam Memasarkan Bahan bakar minyak (BBM) Melalui Program Berkah Energi Pertamina. Penelitian ini menggunakan jenis metode deskriptif kualitatif dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data (data reduction) reduksi data, (data display) penyajian data dan (verification). Subjek dalam penelitian ini yaitu devisi Public Relation/Communication & Relations PT.Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II Palembang sesuai dengan pertanyaan yang telah peneliti buat yang berkaitan dengan Strategi Public Relations. Hasil penelitian diperoleh, peneliti menemukan langkah-langkah strategi Public Relations dalam memasarkan bahan bakar minyak (BBM) melalui progam baru yaitu program berkah energi pertamina, mulai dari mengkampanyekan program move on kepada produk BBM berkualitas dimana produk ini akan memastikan performa kendaraan yang lebih baik dan hemat serta lebih ramah lingkungan dan mulai menerapkan program Berkah Energi Pertamina, Turun langsung ke lapangan, menyapa, dan mengajak masyarakat bersama-sama ikut Program BEP (Berkah Energi Pertamina). Selain itu melalui komunitas kendaraan, seperti Gojek dsb untuk menarik anggotanya agar ikut berpartisipasi dalam program BEP (Berkah Energi Pertamina) dengan cara melakukan kegiatan media relations, menjalin hubungan yang baik dalam perusahaan baik dalam lingkungan perusahaan (publik internal) maupun dengan lingkungan diluar perusahaan (publik eksternal), melakukan penerapkan strategi kontrol informasi guna mengendalikan pesan dan informasi terkait perusahaan. Program. Faktor Pendukung dan Penghambat. Faktor Pendukung di antaranya ada dukungan dan sinergi dari fungsi didalam pertamina jadi setiap ada kegiatan selalu di sosialisasikan, faktor lain adanya materi yang disampaikan oleh perusahaan pusat. Faktor penghambat, yaitu kurangnya sosialisasi tentang program berkah energi pertamina terhadap konsumen, selain itu lokasi juga yang merupakan salah satu kendala yang selalu terjadi dan tidak semua terangkul dalam sosialisasi dan kebosanan konsumen terhadap kampanye atau sosialisasi. Kata Kunci : Public Relations, Strategi Public Relations, Pertamina, Program Berkah Energi Pertamina.} }