@thesis{thesis, author={Irawan Dicky}, title ={PENERAPAN TARGET COSTING PADA PRODUKSI SMARTCARD DI PERCETAKAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA (PNRI)}, year={2014}, url={http://repository.stei.ac.id/9790/}, abstract={Target Costing adalah selisih antara harga jual yang diperlukan untuk mengejar peluang pasar (Market share) yang dikehendaki dan keuntungan yang diinginkan oleh perusahaan. Apabila target biaya lebih kecil dibanding dengan biaya yang dikeluarkan selama satu periode, maka manajemen anggaran berusaha untuk mengarahkan biaya akrualnya mendekati target biaya atau manajemen harus menghilangkan biaya yang diangggap tidak penting dan tidak berpengaruh terhadap produksi produk tersebut Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perhitungan target costing produksi Smart Card yang sedang diujikan oleh PNRI, dan untuk mengetahui apakah Penerapan Target Costing pada produksi Smart Card di PNRI layak untuk diterapkan dan mengetahui kelebihan serta kekurangan dari sistem target costing bila diterapkan di PNRI. Dari hasil analisis yang dilakukan adalah Penerapan Target Costing pada produk Smart Card di PNRI, menunjukan bahwa total biaya perusahaan dengan mengunakan metode target costing yaitu sebesar Rp. 68.028.001.050,- atau Rp. 18.897,- / kartu. Penerapan Target Costing pada produksi Smart Card yang akan dilakukan PNRI menunjukan lebih efisiensi jika dibandingkan dengan metode yang selama ini digunakan perusahaan.} }