@thesis{thesis, author={Triesthiami Arum}, title ={ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PERUSAHAAN PT. INDOSAT, Tbk}, year={2014}, url={http://repository.stei.ac.id/9836/}, abstract={Di era globalisasi seperti saat ini, penilaian kinerja tradisional yang berdasarkan perspektif keuangan saja dirasa tidak cukup lagi untuk mencerminkan kinerja perusahaan sesungguhnya. Sehingga dikembangkan konsep balanced scorecard yang mengukur kinerja perusahaan dari empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif proses pembelajran dan pertumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja perusahaan PT. Indosat, Tbk. diukur dengan menggunakan balanced scorecard. Strategi penelitian yang digunakan adalah deskriptif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan tahunan PT. Indosat, Tbk. dari tahun 2088-2012, serta kuesioner yang diisi oleh 30 responden dari pelanggan dan karyawan Indosat. Sesuai hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dari pengukuran empat perspektif dalam balanced scorecard hanya perspektif keuangan yang dapat dikatakan kurang baik, karena selama tahun 2008-2012 hasil perhitungan ROE dan ROI selalu menurun. Sedangkan hasil penilaian kinerja secara keseluruhan, PT. Indosat, Tbk. dapat dikatakan cukup baik, karena setelah hasil masing-masing perspektif diberi skor, rata-ratanya adalah sebesar 0,5. Hal itu menunjukkan bahwa kinerja PT. Indosat Tbk. diukur dengan menggunakan balanced scorecard terdapat pada skala cukup, yaitu antara 0 sampai 1} }