@thesis{thesis, author={Rita Purnamawati Purnamawati}, title ={PELAKSANAAN SISTEM PENERIMAAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT PERMATA BUNDA MALANG}, year={2019}, url={http://repository.stia-malang.ac.id/113/}, abstract={ABSTRAK Pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan adalah awal tempat pasien mendapatkan pelayanan berobat pertamakali sehingga kesan pertama baik buruknya manajemen rumah sakit tergantung pada pelayanan ini. Untuk memperlancar pendaftaran pasien maka diperlukan sistem pelayanan yang bagus serta didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai sehingga kepuasan pasien terhadap sistem pelayanan rumah sakit dapat tercapai. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem penerimaan pasien BPJS rawat jalan di Rumah Sakit Permata Bunda Malang. Penelitian ini menggunakan teori pengertian sistem (FitzGerald, 1990) dan teori pengertian penerimaan pasien (Dirjen Yanmed, 1996). Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi di unit rekam medis bagian Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ). Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Pelaksanaan sistem penerimaan pasien BPJS rawat jalan di Rumah Sakit Permata Bunda Malang terdiri dari sistem antrian pasien, sistem pendaftaran pasien dengan memakai aplikasi SIMRS dan sistem pembuatan SEP dengan memakai aplikasi virtual claim BPJS Online dengan menggunakan alat finger print bagi pasien peserta BPJS rawat jalan. Dan menunjukkan bahwa pelaksanaan sistem penerimaan pasien BPJS rawat jalan masih menemui kendala mulai dari sistem antrian pasien yang masih manual, aplikasi SIMRS yang masih untuk pelayanan saja, dan pendaftaran pasien BPJS rawat jalan dengan finger print yang kadang terkendala karena sidik jari sulit terdeteksi. Untuk meningkatkan mutu pelayanan pihak manajemen rumah sakit seharusnya memperbaiki fasilitas, sarana dan prasarana rumah sakit seperti menyediakan mesin antrian elektronik, menyediakan pendaftaran pasien dengan aplikasi SIMRS yang terintegrasi dengan seluruh pelayanan dan pelaporan rumah sakit serta menambah alat finger print untuk masing-masing meja pendaftaran dan meningkatkan kerjasama dengan BPJS agar tidak hanya poli mata saja tapi juga semua poli spesialis rawat jalan dan rawat inap bisa memakai alat finger print untuk memperlancar proses pedaftaran sehingga kepuasan pasien dapat tercapai. Kata Kunci : Sistem Penerimaan, Pasien, BPJS, Rawat Jalan} }