@thesis{thesis, author={Novita Muji Amelia}, title ={PENETAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ENTRI DATA PASIEN TERKAIT TERLAKSANANYA SIMRS DALAM MENUNJANG KELANCARAN TUGAS DI RUMAH SAKIT DR. ETTY ASHARTO BATU}, year={2019}, url={http://repository.stia-malang.ac.id/132/}, abstract={ABSTRAK Pelayanan kesehatan adalah sebuah konsep yang digunakan dalam memberikan layanan kesehatan dengan tujuan utamanya adalah pelayanan preventif (pencegahan) dan promotif (peningkatan kesehatan) pada masyarakat. Pelayanan kesehatan itu sendiri juga menimbulkan suatu interaksi sosial. Contoh yaitu antara pasien dengan petugas pendaftaran rawat jalan yang menanyakan identitas sosial pasien guna melengkapi data sosial pasien didalam berkas rekam medis maupun rekam medis elektronik. Semua harus berjalan sesuai SOP. Jika tidak sesuai SOP maka berakibat proses dan hasil dari kegiatan tersebut akan berbeda-beda. Maka tema ini sangat penting untuk diteliti karena bertujuan mengetahui, memahami, dan dapat membuat usulan SOP SIMRS rawat jalan di RS Dr. Etty Asharto Batu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif dimana penulis menyajikan gambaran yang akurat dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi di Unit Rekam Medis Rumah Sakit Dr. Etty Asharto Batu pada bagian pendaftaran pasien rawat jalan. Adapun hasil penelitian secara menyeluruh meliputi, Penetapan standar operasional prosedur entri data pasien terkait terlaksananya SIMRS dalam menunjang kelancaran tugas di Rumah Sakit Dr. Etty Asharto Batu. Pengujian SPO berdasarkan PERMENPAN PER/21/M-PAN/11/2008 yaitu konsisten, komitmen, perbaikan berkelanjutan, mengikat, seluruh unsur memiliki peran penting dan terdokumentasi dengan baik. Pada pengujian 3 hari masih ada kesalahan yaitu petugas salah memasukan poli tujuan pasien, tetapi ini hanya 1 kali terjadi. Pada registrasi pasien baru proses pengisian identitas pasien harus diisi dengan lengkap, supaya mudah pada saat pencarian pasien yang akan berobat kembali. Jika suatu petugas salah dalam pengisian maka akan terdeteksi dari akun petugas tersebut. Jadi untuk pengisian poli yang dituju pasien, petugas harus lebih teliti dan petugas distribusi juga harus mencocokkan SEP dengan rujukan. Hal ini agar mengurangi kesalahan pada langkah selanjutnya seperti pada data kunjungan poli yang salah maka bisa dibenarkan sehingga menghasilkan kualitas data yang akurat. Begitu juga dengan pengisian identitas pasien harus diisi lengkap sesuai SPO dan dengan adanya SPO ini maka akan meminimalisir kesalahan ? kesalahan yang terjadi saat pengisian. Karena setiap pengisian akan terdeteksi pada masing ? masing akun petugas. Kata Kunci : Penetapan, SOP, Entri Data, SIMRS ABSTRACT Health service is a concept that is used in providing health services with the main objective being preventive (preventive) and promotive (improving health) services to the community. Health service themselves also have social interactions. For example, between patients and outpatient registration officers who ask the patient's social identity to complete the patient's social data in the medical record file and electronic medical record. Everything must go according to the SOP. If is it not acoordance with the SOP, the result of the procces and the result of the activity will vary. So this theme is very important to study because it aims to know, understand, and be able to make and outpatient standard operational procedures of SIMRS at the Dr. Etty Asharto Hospital. This research uses descriptive qualitative research method. The author presents an accurate picture using data collection techniques through interviews, observations and documentation in the outpatient departement at the Dr.Etty Asharto Hospital. The overall results of the research, determination of standard operational procedures for patient data entry relating to the implementation of SIMRS in supporting to the smooth function at the hospital Dr. Etty Asharto Batu. The Testing of standard operational procedures based on PERMENPAN PER/21/M-PAN/11/2008 is consistent, commitment, continous improvement, binding, all elements have an important role and well documented. In the three day of test there was still an error that the officer entered the patient?s poly incorrectly, but this only happened once. At the registration of a new patient procces of filling in the patient?s identify must be filled in completely, so that it is easy at the time of the search for patients who will get treatment again. If an officer is wrong in filling, it will be detected from the officer?s account. To fill the poly for patient, the officer must be more thorough and the distribution officer have to match the patient eligibility letter with the referral. This is to reduce errors in the next step as in the wrong poly, so it can be justified and resulting in accurate data quality. Likewise filling in the patient?s indentity must be filled accordance with the standard operational procedures and with the existence of this standard operational procedures, it will minimize errors that occur when filling. Because every data that officer entry will be detected on each officer account. Key Word : Determination, SOP, Data entry, SIMRS} }