@thesis{thesis, author={KURNIA LILIS}, title ={Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Pakisaji berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)}, year={2022}, url={http://repository.stia-malang.ac.id/209/}, abstract={"Pelayanan Kesehatan Nasional adalah suatu sistem pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan derjat kesehatan masyarakat secara optimal. Untuk dapat meningkatkan derajat kesejahteraan kesehatan yang ?optimal diperlukan system pelayanan yang mengatur tentang prosedur pelayanan, baik dari bidang medis maupun non medis atau administrasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai kepuasan pasien terhadap pelayanan di Puskesmas Pakisaji menggunakan metode penelitian Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM). Jenis penelitian studi kasus menggunakan metode analisis kuantitatif.. Responden penelitian ini adalah pasien rawat jalan yang berjumlah 150 orang responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pembagian quisioner yang terdiri dari 14 pertanyaan yang sudah tertera dalam Ilmu Kesehatan Masyrakat (IKM).? Hasil dari ?penelitian menunjukkan pelayanan di Puskesmas Pakisaji ada pada kategori B dengan nilai interval Ilmu Kesehatan Masyarakat 75,25. Maka dari itu sebaiknya pihak Puskesmas Pakisaji mempertahankan pelayanan yang sudah memuaskan ini,yakni dengan mempertahankan 14 unsur yang ada terdiri dari Prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, keadilan mendpatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan lingkungan pelayanan, keamanan pelayanan.? Kata Kunci: ?Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan, Ilmu Kesehatan Masyrakat (IKM)?"} }