@thesis{thesis, author={EDRIK BATIO FUSSY}, title ={Pengaruh Komunikasi Efektif dengan Menggunakan Prinsip REACH (Respect,Empathy, Audible, Clarity, Humble) terhadap Kepuasan Pelayanan Di Puskesmas Gondanglegi Kabupaten Malang}, year={2022}, url={http://repository.stia-malang.ac.id/213/}, abstract={"Abstrak Komunikasi yang efektif yaitu komunikasi yang berhasil mencapai kesepahaman antara pengirim dan penerima pesan. Prinsip Komunikasi Efektif dapat dibangun melalui 5 Prinsip, yaitu Respect, Empathy, Audible, Clarity, dan Humble. Prinsip ini biasa disingkat menjadi sebuah kata yaitu ?REACH?. Kepuasan Pelayanan adalah hasil evaluasi dalam bentuk respon emosional (perasaan senang dan puas) pada individu karena terpenuhinya harapan atau keinginan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 responden dengan target responden yaitu pasien yang berobat di Puskesmas Gondanglegi Kabupaten Malang. Peneliti menggunakan beberapa uji dengan bantuan program SPSS (Statistical program for Social Science) 26 dalam penelitian ini yaitu Uji Korelasi Gamma dan Uji Korelasi Somers?d untuk mengetahui hubungan antara Komunikasi Efektif dengan Kepuasan Pelayanan di Puskesmas Gondanglegi Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tentang bagaimana Pengaruh Komunikasi Efektif dengan menggunakan prinsip REACH (Respect, Empathy, Audible, Clarity, Humble) terhadap Kepuasan Pelayanan di Puskesmas Gondanglegi Kabupaten Malang, maka terdapat hubungan antara Komunikasi Efektif dengan Kepuasan Pelayanan dengan dari hasil output menggunakan program SPSS (Statistical program for Social Science) 26 bahwa dapat diperoleh dengan menggunakan Uji Korelasi Gamma dan Somers?d, approximate significance < 0,05 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara 2 variabel yaitu komunikasi efektif dengan kepuasan pelayanan di Puskesmas Gondanglegi Kabupaten Malang. Dari seluruh perhitungan maka disimpulkan bahwa responden sebagian besar merasa petugas selalu menerapkan prinsip Komunikasi Efektif Respect (Menghormati) sebesar 83,5%. Sedangkan responden yang merasa Puas dengan Kepuasan Pelayanan yang diberikan oleh petugas adalah menerapkan prinsip Empathy (Empati) sebesar 69,1%. Kata Kunci: Komunikasi Efektif, Prinsip Komunikasi Efektif, Kepuasan Pelayanan"} }