@thesis{thesis, author={Krismiyati Krismiyati}, title ={Implementasi Sistem Pendaftaran Pasien Di Unit Pendaftaran RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang}, year={2022}, url={http://repository.stia-malang.ac.id/233/}, abstract={"Krismiyati, 2022, Implementasi Sistem Pendaftaran Pasien Di Unit Pendaftaran RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang (Studi pada sistem pendaftaran pasien di unit pendaftaran RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang). Dr. Tri Marhaeni Widiastuti, M.Si selaku pembimbing. Sistem pendaftaran pasien rawat jalan,Instalasi Gawat Darurat dan rawat inap di RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang masih melalui prosedur yang panjang/rumit dikarenakan alur pendaftaran pasien sebelum mendapatkan pelayanan kesehatan harus bepindah-pindah loket dalam menyelesaikan satu proses pendaftaran. Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui alur pendaftaran di Rumah Sakit RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang 2) Untuk mengetahui implementasi sistem pendaftaran di Rumah Sakit RSUD Kajuruhan Malang ditinjau dari Standar Operasional Prosedur Penerimaan Pasien . Menurut Dirjen Yanmed (2006:34), penerimaan pasien dinamakan TPP (Tempat Penerimaan Pasien ). Fungsi utamanya adalah menerima pasien rawat jalan (berobat ke poliklinik atau gawat darurat) dan rawat inap. Prosedur penerimaan pasien dapat disesuaikan dengan sistem yang dianut oleh masing-masing rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara.analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Peneliti menggunakan quality assurance dan dikembangkan untuk menganalisis mutu dari pelaku SOP. Hasil penelitian ini menunjukkan total prosentase implementasi keseluruhan SOP sistem pendaftaran pasien di unit pendaftaran RSUD Kajuruhan Kabupaten Malang sebesar 87% terlaksana dan 13% tidak terlaksana yang dapat dikategorikan baik. Sedangkan pencapaian nilai jaminan kualitas mutu berdasar analisis QA mencapai 81,2% sesuai dan 18,8% tidak sesuai, yang masuk ke kategori mutu pelayanan baik namun belum maksimal karena kurang dari standar angka yang telah ditetapkan yang seharusnya mencapai 100%. Maka dari itu perlu pengawasan dan evaluasi dalam proses implementasi sistem pendaftaran pasien serta memperhatikan fasilitas yang dipelukan dalam proses pelayanan pasien agar mutu pelayanan menjadi semakin baik. Kata Kunci : Pendaftaran, Sistem, Pasien "} }