@thesis{thesis, author={Ari Fatul Husna Ari}, title ={EFEKTIVITAS ORGANISASI BANK SAMPAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Pada Bank Sampah Malang Kota Malang)}, year={2019}, url={http://repository.stia-malang.ac.id/40/}, abstract={ABSTRAK ARI FATUL HUSNA. 21513000. 2019. EFEKTIVITAS ORGANISASI BANK SAMPAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Pada Bank Sampah Malang Kota Malang). Pembimbing: Hertien S Islam. Masalah lingkungan bukan hanya menjadi tanggung jawab indivi dua atau sekelompok orang semata, tetapi sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab bersama untuk menjaga, merawat, dan peduli terhadap lingkungan. Lingkungan yang bersih, terawat, mampu menciptakan kenyamanan bagi kita, karena akan menciptakan banyak manfaat bagi makhluk hidup. Sampah menjadi penyumbang terbesar atas kerusakan lingkungan. Namun masalah yang selama ini terjadi pada pengelolaan sampah yang hanya berdasar pada ?kumpul-angkut-buang? tanpa ada pengelolaan yang efektif. Hal ini dapat berimbas pada lingkungan sekitar masyarakat Kota Malang. Untuk itu perlu adanya kegiatan pemberdaayan masyarakat yang berupa membina, melatih atau mendidik dan melakukan pendampingan kepada masyarakat dengan melalui pengelolaan sampah dengan program 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif ini adalah sebuah jenis penelitian bertujuan untuk menggambarkan secara tepat sifat-sifat suatu individu, keadaan, gejala, atau kelompok tertentu. Oleh karena itu penulis mendeskripsikan keadaan obyek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta dan data yang ada, serta berusaha untuk menganalisis mencari makna dari data yang ada sehingga dapat ditemukan tema dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis di Bank Sampah Malang (BSM) Kota Malang, sebagai mitra Pemerintah Kota Malang yang membantu mengatasi masalah sampah dengan pengelolaan sampah 3R (reduce, reuse, recycle). Dalam upaya mencapai tujuan tersebut Bank Sampah Malang (BSM) Kota Malang ditentukan oleh berbagai faktor yaitu upaya dalam menyelesaikan tugas pengelolaan sampah berbasis masyarakat adalah menjalin komunikasi yang baik antar pegawai, membangun pengertian dalam memecahkan persoalan, meningkatkan kedisiplinan menyangkut absensi pegawai, kejujuran dalam melaksanakan tugas dan pemberian motivasi pegawai yang akhirnya meningkatkan mobilitas kerja. Kata Kunci : Efektivitas, Organisasi, Bank Sampah, Pemberdyaan Masyarakat} }