@thesis{thesis, author={CHOZIN ABIEM}, title ={PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PADA ”PT. FASTRATA BUANA CABANG PASURUAN”)}, year={2020}, url={http://repository.stie-mce.ac.id/1334/}, abstract={Hal yang menjadi fokus penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja PT. FASTRATA BUANA CABANG PASURUAN dengan metode Balanced Scorecard sebagai alat ukur penilaian kinerja, yang mencakup empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Jumlah sampel spenelitian adalah 50 orang karyawan dan 100 orang pelanggan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis rasio keuangan (Net Profit Margin, Return on Insssvestment, dan Total Asset Turn Over) untuk Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan (Retensi Pelanggan, Akuisisi Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan), Perspektif Proses Bisnis Internal (Proses Operasional dan Proses Inovasi) dan Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran (Retensi Karyawan, Produktivitas Karyawan, dan Kepuasan Karyawan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja PT. FASTRATA BUANA CABANG PASURUAN memiliki pencapaian rata-rata score akhir Balanced Scorecard pada tahun 2015 sampai dengan tahun 2017 mencapai pada level 4,09 yang berarti termasuk dalam kriteria baik karena kinerja telah sesuai dengan target perusahaan yang diharapkan.} }