@thesis{thesis, author={YOSEFINA BELLA}, title ={PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Rumah Makan Ratu Sambal Banyuwangi )}, year={2022}, url={http://repository.stie-mce.ac.id/1683/}, abstract={Faktor tingkat pertumbuhan ekonomi yang terjadi di banyuwangi sebagai kabupaten yang berkembang menjadi salah satu pendorong terciptanya persaingan ketat di dalam dunia usaha. Salah satu persaingan dunia usaha di Banyuwangi adalah usaha kuliner. Persaingan dunia usaha mengharuskan pemilik usaha untuk meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan yang akan berpengaruh pada kepuasan pelanggan demi terwujudnya loyalitas pelanggan. Menciptakan loyalitas pelanggan sangat diperlukan untuk upaya mempertahankan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sejauh mana pengaruh kualitas produk, kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Ratu Sambal di Kota Banyuwangi.Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan dari RM Ratu Sambal di Banyuwangi. Sampel yang diambil 50 orang dengan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil yang ditemukan menggunakan aplikasi SPSS 26 kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh secara langsung terhadap kepuasan pelanggan di RM Ratu Sambal. Kepuasan pelanggan, kualitas produk, kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan di RM Ratu Sambal Banyuwangi.} }