@thesis{thesis, author={MALIANGKAY RONNY CHRISTIAN}, title ={ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS SEBAGAI ALAT PENENTU STRATEGI (Studi Kasus pada UMKM Pellizco.Id)}, year={2018}, url={http://repository.stie-mce.ac.id/225/}, abstract={Sepanjang tahun 2017 hingga 2018, pertumbuhan perekonomian terus saja meningkat. Hal ini adalah peluang dalam mengembangkan usaha. Agar peluang tersebut dapat dicapai, penting adanya peranan pola atau model bisnis yang dipakai. Model bisnis berperan didalam usaha sebagai dasar pijakan yang menggambarkan setiap aspek usaha. Untuk itu penting adanya memilih model bisnis yang sesuai. Dalam penelitian kali ini, penulis membahas Business Model Canvas yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur pada tahun 2010. Analisis penelitian menggunakan model bisnis ini dinilai efektif karena analisis yang digunakan dijelaskan secara menyeluruh baik dari segi pemasaran, sumber daya manusia, keuangan, sampai dengan nilai atau produk yang ditawarkan. Dalam penelitian ini, penulis fokus pada penerapan Business Model Canvas suatu usaha untuk digunakan sebagai dasar dalam menentukan strategi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperlukan dikumpulkan melalui kegiatan wawancara dengan informan, dokumentasi maupun observasi, kemudian akan dianalisis dalam 3 tahap, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (Miles dan Huberman 1984 dalam Sugiyono, 2013:430). Hasil penelitian meliputi penjabaran data berdasar sembilan elemen Business Model Canvas, yaitu customer segment (segmentasi pelanggan), value preposition (proposisi nilai), channels (saluran), customer relationship (hubungan pelanggan), revenue streams (aliran pendapatan), key resources (sumber daya utama), key activities (aktivitas utama), key partnership (kemitraan utama), cost structure (struktur biaya). Berdasarkan evaluasi 9 elemen tersebut, lalu diberikan alternatif strategi baru yang sesuai.} }