@thesis{thesis, author={Siskasari Putri}, title ={Analisa strategi pemasaran terhadap peningkatan penjualan pada UD. Via Lestari Blitar}, year={2018}, url={http://repository.stieken.ac.id/598/}, abstract={Pemasaran produk yang dilakukan perusahaan masih menggunakan cara yang biasa yaitu memasang spanduk, titip produk di toko hal ini berakibat menurunnya volume penjualan karena masyarakat kurang mengenal produk yang dipasarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran perusahaan UD. Via Lestari untuk meningkatkan penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Hasil analisis IFAS (Internal Factor Analysis Summary) mempunyai kekuatan yaitu merupakan snack yang mengangkat jajanan tradisional, tenaga kerja yang siap melayani dengan baik dan pada aspek, merek jenang dan geti sudah dikenal oleh konsumen. Fakta menunjukkan kelemahan umum yang dimiliki UD. Via Lestari adalah memerlukan dana untuk membeli mesin moderen dan tenaga penjualan yang masih belum tetap serta bahan baku yang semakin naik tapi harga masih tetap. Analisis EFAS (External Factor Analysis Summary) mempunyai peluang bagi organisasi adalah semakin banyaknya masyarakat yang suka jajan tradisional, semakin banyak dijual jajan tradisional di supermarket, penjualan dapat dilakukan dengan cara online dan adanya pelatihan dan pembinaan dari pemerintah daerah. Tantangan yang dihadapi adalah semakin maraknya jajanan import dengan harga terjangkau, persaingan tidak hanya datang dari dalam negeri juga luar negeri, adanya internet dengan pilihan yang semakin banyak dan harga di pasar yang semakin bersaing sehingga sulit dinaikkan. Analisis UD. Via Lestari IFAS menunjukkan hasil W > S (1,91 > 1,81), bahwa kelemahan lebih besar dari pada kekuatan perusahaan. Hasil analisisn EFAS bahwa T > O (1,93 > 1,89) hal ini menunjukkan bahwa ancaman lebih besar daripada kesempatan. Pilihan strategis adalah W dan T, strategi W dan T terletak pada kuadran IV yaitu strategi bertahan.} }