@thesis{thesis, author={KURNIAWATI }, title ={PENGARUH MOTIF BERBELANJA UTILITARIAN DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION ONLINE}, year={2019}, url={}, abstract={Kurniawati, 2019 ?Pengaruh Motif Berbelanja Utilitarian dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Online (Studi Pada Mahasiswa STIE Nobel Indonesia Makassar?. Dibimbing oleh Andi Widiawati. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh motif berbelanja utilitarian dan kelompok referensi secara parsial terhadap keputusan pembelian produk fashion online (2) untuk mengetahui pengaruh motif berbelanja utilitarian dan kelompok referensi secara simultan terhadap keputusan pembelian produk fashion online (3) untuk mengetahui variabel mana yang lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk fashion online (Studi pada mahasiswa STIE Nobel Indonesia Makassar). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 205 responden yang merupakan mahasiswa STIE Nobel Indonesia Makassar yang pernah berbelanja produk fashion online. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motif berbelanja utilitarian dan kelompok referensi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion online (2) motif berbelanja utilitarian dan kelompok referensi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion online (3) variabel kelompok referensi adalah variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk fashion online.} }