@thesis{thesis, author={Mikatriyo Hendik}, title ={PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA HOTEL SOMANAKE SENDURO LUMAJANG}, year={2015}, url={http://repository.stiewidyagamalumajang.ac.id/359/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan pada hotel somanake senduro lumanjang baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini melakukan pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap pelanggan hotel somanake senduro lumajang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode statistik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk variabel kualitas pelayanan tidak mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan hotel somanake, variabel kepuasan juga tidak mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan hotel somanake, dan secara simultan juga tidak mempunyai pengaruh terhadap variabel loyalitas pelanggan hotel somanake. Dalam penelitian ini loyalitas pelanggan pada hotel somanake tidak dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan sebesar 1,9% sedangkan 99,1% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti gaya kepemimpinan, motivasi, kompensasi, disiplin kerja dll. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan pada hotel somanake. Sedangkan variabel lain yang mempengaruhi keputusan untuk menginap diharapkan dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya di tahun yang berbeda} }