@thesis{thesis, author={Priyanto Tomi}, title ={PENGARUH DIMENSI TOURISM EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN BERWISATA (Studi Pada Obyek Wisata B29 Argosari Kecamatan Senduro Lumajang)}, year={2016}, url={http://repository.stiewidyagamalumajang.ac.id/562/}, abstract={Inti dari pariwisata adalah pengembangan dan pengalaman kunjungan dalam melakukan perjalanan wisata. Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang pengalaman berwisata, penekanan pada isu-isu manajemen dibutuhkan terutama yang berhubungan dengan memberikan pengalaman-pengalaman ini kepada pengunjung pada destinasi wisata tertentu. Namun, literatur pariwisata yang ada masih memberikan penjelasan terbatas pada faktor yang menjadi ciri pengalaman pariwisata yang mengesankan. Dengan mengadopsi pendekatan pengalaman konsumen, konsep pengalaman pariwisata yang dikembangkan dalam penelitian ini meliputi tiga faktor: feel, sense, dan think. Penelitian ini adalah studi formal pertama yang secara komprehensif membahas kontribusi pengalaman pariwisata pada kepuasan wisatawan. Hal ini mempertimbangkan pemahaman atas sifat pengalaman pariwisata yang mempunyai nilai penting bagi para sarjana dan praktisi, karena menyediakan wisatawan dengan tingginya kualitas pengalaman yang mengesankan merupakan esensi dari pariwisata dan manajemen pariwisata. Pengalaman berwisata ditandai dengan banyak interaksi dengan lingkungan fisik dan manusia yang dihargai oleh wisatawan, di mana ini bisa mengarah ke kepuasan yang mereka rasakan. Studi ini dimaksudkan untuk memberikan kerangka yang akan membantu mengidentifikasi dan lebih memahami tentang mana diantara dimensi pengalaman pariwisata yang memiliki efek paling penting dalam mempengaruhi kepuasan wisatawan. Dengan menggunakan simple random sampling, penelitian berfokus pada 100 turis sebagai sampel yang telah mengunjungi B29 Argosari Senduro Lumajang selama Mei hingga Juni 2016. Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda sebagai metode statistik, temuan studi mengungkapkan sense dan feel berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Sense, feel, dan think bisa menjelaskan tentang 60,9 persen varian dalam menentukan kepuasan wisatawan, dan 39,1 persen sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam model penelitian. Penelitian selanjutnya harus berusaha untuk mengakomodasi temuan ini dan mereplikasi model konseptual untuk dapat diuji dalam konteks dari tujuan wisata lainnya.} }