@thesis{thesis, author={Hamzah Khoirul}, title ={PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN E-KTP PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LUMAJANG}, year={2019}, url={http://repository.stiewidyagamalumajang.ac.id/586/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan atau pengaruh variabel berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan kepastian, dan empati terhadap kepuasan pengguna baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan data primer yang di peroleh dari hasil pengisian kuesioner terhadap pengguna layanan E-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang yang berjumlah 90 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan kepastian, dan empati memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna baik secara parsial maupun simultan dengan kofesien determinan sebesar 91,7% dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu variabel berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan kepastian, dan empati. Sedangkan sisanya 8,3% kepuasan pengguna dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkam hasil penelitian ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang harus tetap mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanannya dan mengevaluasi secara berkelanjutan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi sehingga pengguna merasa puas sesuai yang diharapkan dan juga merekomendasikan kepada orang lain.} }