@thesis{thesis, author={Esa Wijaya Fasluki Nur}, title ={PENGARUH DIMENSI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP KEPUTUSAN KUNJUNGAN WISATAWAN (Studi Pada Objek Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Desa Wisata Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang)}, year={2017}, url={http://repository.stiewidyagamalumajang.ac.id/945/}, abstract={Inti dari pariwisata adalah pengembangan dan pengalaman kunjungan dalam melakukan perjalanan wisata. Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang pengalaman berwisata, penekanan pada isu-isu manajemen dibutuhkan terutama yang berhubungan dengan memberikan informasi-informasi ini kepada pengunjung pada destinasi wisata tertentu. Penelitian ini adalah studi formal pertama yang secara komprehensif membahas kontribusi electronic word of mouth pada keputusan kunjungan wisatawan. Studi ini dimaksudkan untuk memberikan kerangka yang akan membantu mengidentifikasi dan lebih memahami tentang mana diantara dimensi electronic word of mouth yang memiliki efek paling penting dalam mempengaruhi keputusan kunjungan wisatawan. Dengan menggunakan simple random sampling, penelitian berfokus pada 40 turis atau wisatawan sebagai sampel yang telah mengunjungi objek wisata Air Terjun Tumpak Sewu Sidomulyo Pronojiwo Lumajang selama bulam April hingga Mei 2017. Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda sebagai metode statistik, temuan studi mengungkapkan variabel concern for other, expressing positive feeling, dan helping the company terhadap keputusan kunjungan wisatawan. Dari variabel tersebut expresing positive feeling berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan kunjungan wisatawan. Variabel concern for other, expressing positive feeling, dan helping the company memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan kunjungan wisatawan. Penelitian selanjutnya harus berusaha untuk mengakomodasi temuan ini dan mereplikasi model konseptual untuk dapat diuji dalam konteks dari tujuan wisata lainnya.} }