@thesis{thesis, author={Silfiya Mawarti 2020.21.1603}, title ={PENERAPAN TEKNIK DISTRAKSI AUDIOVISUAL UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN TERHADAP HOSPITALISASI TINDAKAN KEPERAWATAN PADA ANAK THYPOID DI RUANG KENARI RS.TK III DR.BRATANATA JAMBI}, year={2023}, url={http://repository.stikes-garudaputih.ac.id/id/eprint/156/}, abstract={ABSTRAK Pendahuluan : Hospitalisasi dapat menyebabkan kecemasan pada anak prasekolah yang jika tidak diatasi dapat berakibat lanjut terhadap perubahan perilaku. Hal ini membutuhkan intervensi perawat salah satunya dengan penerapan teknik audio visual untuk menurunkan kecemasan pada anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi Tujuan : Dapat melakukan penerapan teknik distraksi audio visual untuk menurunkan kecemasan hospitalisasi pada anak usia prasekolah Metode : Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan studi kasus pada 2 orang anak prasekolah usia 3-6 tahun selama 3 hari yang dipilih saat anak dirawat di rs bratanata jambi bulan mei 2023. Anak diukur tingkat kecemasannya dengan lembar observasi lalu dilakukan tindakan distraksi audiovisual dan diukur kembali tingkat kecemasannya dengan lembar observasi pengukuran tingkat kecemasan hospitalisasi anak prasekolah. Hasil : Terjadi penurunan tingkat kecemasan pada kedua hasil observasi hari pertama sebelum dilakukan tindakan skor kecemasan pada responden yaitu 5 setelah dilakukan tindakan Distraksi turun menjadi 4. Di hari kedua sebelum dilakukan tindakan Distraksi Audio Visual skornya 4 setelah dilakukan tindakan distraksi Audio Visual menjadi 3. Di hari ketiga sebelum dilakukan tindakan Distraksi Audio Visual skornya yaitu 3 setelah dilakukan tindakan Distraksi Audio Visual menjadi 2 Kesimpulan : Menurunnya kecemasan pada anak usia prasekolah dimana dapat berinteraksi dengan petugas kesehatan dan mudah dilakukan tindakan keperawatan. Saran : Diharapkan teknik Distraksi Aivio Visual ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam melakukan penurunan kecemasan hospitalisasi pada anak usia prasekolah selama mendapat perawatan di rumah sakit. Kata kunci : Teknik Distraksi,Audio Visual, Kecemasan, Anak Prasekolah ABSTRACT Introduction: hospitalization is the entry of indivuduals into the hospital as partiens for various reasons. Hosptilalization can cause anxiety in preschoolers which if nhot addressed can result in further behavioral changes. This requires the intervention of nurses one of them whit the appliction of audio visual techniques to lower anxiety Purpuse: the purpuse of this study was to determine the effect of applying audio-visual distraction techniques to reduce hospitalization anxiety in presschool-aged children Method: this researchis a descristive study with a case study methos on 2 preschool children aged 3 to 6 years for 3 days selected when the child is being treated at the bratanata hospital jambi in mei 2023. The child?s level of anxiety is measured then perfomert audiovisual distraction measures and re-measured the level of anxiety with observasion sheet measuring the level of hospitalization anxiety of preschool children Result: there was a decrease in the level of anxiety in the two respondents market by a change in the interaction ability of children who previosly did not want to interact to become willing to interact after the application of audio-visual distaction techniques Conslusion: reducing anxiety in preschool-aged children can improve children?s interaction skill so that nurses can more easily apply nursing care Suggestoions: this study is expected to be a reference in the application of atraumatic care to teduce hospitalization anxiety in preschool-aged children during hospitalization Keywords: Distaction Techniques,Audiovisual,Anxiety,Children Preschool.} }