@thesis{thesis, author={Inayatul Mauludiyah}, title ={Hubungan Psychological Well Being Dan Motivasi Belajar Dengan Tingkat Indeks Prestasi Semester Saat Perkuliahan Daring Di Masa Pandemi Di Stikes Hang Tuah Surabaya}, year={2022}, url={http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/1603/}, abstract={Tingkat IPS merupakan capaian penting yang harus dicapai oleh mahasiswa. Psychological well being adalah kondisi dimana individu memiliki sikap yang positif terhadap diri sendiri dan orang lain. Motivasi belajar merupakan sesuatu keadaan yang terdapat pada diri seseorang individu dimana ada suatu dorongan untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan psychological well being dan motivasi belajar dengan tingkat IPS saat perkuliahan daring di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan desain analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional yang melibatkan 112 mahasiswa secara purposive sampling pada mahasiswa tingkat akhir (S1 dan D3) dalam rentang bulan Mei ? Juni 2022. Variabel dependen yaitu tingkat IPK diukur dengan observasi data KHS dan variabel independen yaitu Psychological Well Being dan motivasi belajar diukur menggunakan kuesioner Psychological Well Being. Analisa data menggunakan Uji statistic Spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan psychological well being rendah sebanyak 98 mahasiswa (87.5%) dan motivasi belajar mahasiswa rendah sebanyak 100 mahasiswa (89.3%) dengan IPS memuaskan sebanyak 87 mahasiswa (77.7%). Uji Spearman rho menunjukkan adanya hubungan psychological well being mahasiswa dan motivasi belajar mahasiswa dengan tingkat IPK yaitu psychological well being dengan IP Semester p = 0,006 dan motivasi belajar dengan IP Semester p= 0,009 (p