@thesis{thesis, author={Wahyu Rizka Yolanda Putri}, title ={GAMBARAN KOMPETENSI PRESEPTOR KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH DI WAHANA PEMBELAJARAN KLINIK RSPAL DR. RAMELAN SURABAYA}, year={2022}, url={http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/166/}, abstract={ABSTRAK Preseptor merupakan perawat profesional berpengalaman di klinik yang bekerja bersama-sama dengan preceptee dan memiliki kemampuan membimbing mahasiswa keperawatan. Kompetensi preseptor kurang optimal dikarenakan jumlah perawat yang mempunyai kualifikasi sebagai preseptor minim, jumlah preceptee tidak sebanding dengan preseptor, keterbatasan waktu dalam melakukan bimbingan, serta keterbatasan sarana prasarana dalam proses bimbingan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kompetensi preseptor KMB di wahana pembelajaran klinik RSPAL Dr. Ramelan Surabaya. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah preceptee KMB di RSPAL dengan jumlah 134 orang. Teknik sampling menggunakan probability sampling dengan simple random sampling. Perhitungan besar sampel menggunakan rumus Slovin, sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Variabel penelitian ini adalah kompetensi preseptor. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan analisa univariat dengan deskriptif kategorik. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi klinik, kepemimpinan, perilaku profesional dan etika semua memiliki kompetensi baik yaitu 100 responden (100%). Kompetensi pengetahuan, keterampilan mengajar, hubungan interpersonal dan komunikasi serta karakteristik personal mayoritas memiliki kompetensi baik yaitu 99 responden (99%). Kompetensi kemudahan konsultasi mayoritas memiliki kompetensi baik yaitu 94 responden (94%). Pelatihan preseptorship dapat meningkatkan kompetensi preseptor sehingga tercipta suasana belajar yang representatif dan kualitas bimbingan meningkat. Caranya dengan mendapatkan dukungan dalam kegiatan preseptorship. Kata Kunci : Pembelajaran Klinik, Preseptor, Preceptee, Pembelajaran Dewasa, Persepsi} }