@thesis{thesis, author={Mochammad Arofik}, title ={HUBUNGAN ADIKSI GAME ONLINE DENGANSTATUSMENTAL (KECEMASAN, STRES DAN DEPRESI) PADA SISWA DI MASA PANDEMI DI SDN SIDOTOPO WETAN 1 SURABAYA}, year={2021}, url={http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/194/}, abstract={Sejak kemunculan pandemi Covid-19 ini banyak menimbulkan perubahandari segi aspek pendidikan yang mengharuskan siswa-siswi untuk belajar di rumahsehingga dapat terjadi dampak negatif dari adiksi game online. Dampak psikologisdari adiksi game yaitu kurangnya bersosialisasi terhadap lingkungan sekitarnya, lupa akan kewajiban untuk belajar dan melakukan pekerjaan rumah, sulit berkonsentrasi di sekolah, mengalami gangguan mental. Penelitian ini bertujuanuntuk menganalisis hubungan adiksi game online dengan status mental (kecemasan, stres dan depresi) pada siswa di masa pandemi di SDN Sidotopo Wetan 1 Surabaya. Penelitian memiliki variabel adiksi dan status mental (kecemasan, stres dandepresi). Desain cross sectional. Pengambilan data menggunakan google form, jumlah populasi 265 siswa dengan sampel 160 responden kelas VdanVI menggunakan teknik Probability Sampling dengan cluster randomsamplingdaninstrumen Game Addiction Scales dan Depression Anxiety Stress Scales. Analisisdata menggunakan uji korelasi Spearman Rho. Bedasarkan hasil uji statistik Spearman's Rho menggunakan aplikasi SPSS23.0for windows menunjukan nilai significant ? value = 0,000 yang lebih kecil dari nilai ? yaitu 0,05 (?<0,05) yang menunjukkan bahwa adanya hubungan adiksi game online dengan status mental (kecemasan, stres dan depresi) pada siswa di masa pandemi di SDN Sidotopo Wetan I Surabaya. Diharapkan para orang tua agar lebih perhatian terhadap anak dengan caramemberi kasih sayang serta melakukan pengawasan penuh terhadap anak agar tidak mengalami gangguan terhadap mental anak yang diakibatkan oleh adiksi game. Kata Kunci : Adiksi, Status Mental, Siswa} }