@thesis{thesis, author={Alifa Nur Ayni}, title ={HUBUNGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA STIKES HANG TUAH SURABAYA DI MASA PANDEMI COVID – 19}, year={2021}, url={http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/211/}, abstract={Pembelajaran jarak jauh adalah alternatif yang digunakan disaat pandemik COVID19 oleh pemerintah atas surat edaran untuk tiap universitas dalam melakukan proses belajar menngajar. Proses pembelajaran daring ini dapat ditemui mahasiswa yang mengalami stres serta tidak bisa melakukan proses pembelajaran dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan pembelajaran jarak jauh dengan tingkat stres pada mahasiswa STIKES Hang Tuah di masa pandemic COVID -19 Penelitian menggunakan pendekatan cross sectional dengan teknik non-probability sampling dengan pendekatan Quota Sampling sebanyak 156 responden di STIKES Hang Tuah Surabaya.pembelajaran daring dan tingkat stres menggunakan kuisioner. Data dianalisis menggunakan uji Speraman Rho dengan ? < 0.05. Berdasarkan hasil uji Spearman Rho menunjukkan r = 0,259 dengan ? value = 0,001, maka menunjukkan hubungan yang kuat dan secara statistic ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran jarak jauh dengan tingkat stres yang dialami mahasiswa di STIKES Hang Tuah Surabaya pada masa pandemic COVID -19. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pembelajaran jarak jauh perjanjian dan saling mengerti antar dosen dan mahasiswa. Perjanjian yang dilakukan untuk pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dan tugas yang diberikan dengan waktu pengumpulan. Saling mengerti pada kendala yang dialami. Mahasiswa dapat meminimalisir dengan mengerjakan tugas setelah diberikan dan alternatif pada kuota atau tempat yang sinyalnya kuat . Kata kunci : Pembelajaran Jarak Jauh, Tingkat Stres, Mahasiswa} }