@thesis{thesis, author={FIBRIA ADISTY YUNANDARI}, title ={ANALISIS FAKTOR PENYEBAB STRES AKADEMIK DI KALANGAN MAHASISWA TERKAIT PEMBELAJARAN DARING LITERATURE REVIEW}, year={2022}, url={http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/408/}, abstract={Pembelajaran daring adalah pembelajaran ?dalam jaringan?. Pembelajaran daring yang dilaksanakan ketika pandemic saat ini dapat menyebabkan stres pada mahasiswa. Stres yang dialami mahasiswa dalam proses pembelajaran disebut dengan stres akademik. Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah menganalisis atau mengidentifikasi hasil-hasil bukti ilmiah yang telah diteliti oleh peneliti sebelumnya terkait faktor penyebab stres akademik di kalangan mahasiswa terkait pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah Literature Review dengan menggunakan diagram prisma. Pencarian jurnal diperoleh melalui database pubmed, portal garuda, dan google scholar. Kata kunci yang digunakan adalah ?stres akademik?, ?mahasiswa?, dan ?pembelajaran daring?. Hasil dari penelitian diperoleh 46 jurnal dari seluruh jurnal yang sesuai dengan tema dan kriteria inklusi kemudian dilakukan Literature Review sesuai dengan hasil Critical Appraisal yang telah dilakukan didapatkan 10 jurnal yang akan dianalisis 5 jurnal nasional dan 5 jurnal internasional. Dari 10 jurnal didapatkan hasil faktor penyebab stres akademik disebabkan oleh beberapa faktor yaitu usia, jenis kelamin, keyakinan, motivasi, kondisi lingkungan, kondisi jaringan, beban tugas berlebih, kesulitan memahami materi, dan faktor biaya. Pembelajaran daring saat ini membuat mahasiswa mengalami stres ketika mengikuti proses belajar. Hasil dari beberapa faktor penyebab stres akademik mayoritas stres disebabkan oleh beban tugas berlebih dan kondisi jaringan yang kurang. Kata kunci : pembelajaran daring, stres akademik, faktor, mahasiswa} }