@thesis{thesis, author={ALFINA DAMAYANTI}, title ={PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN RESUSITASI JANTUNG PARU DENGAN METODE VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP TINGKAT PENGETAH UAN DAN MOTIVASI MENOLONG KORBAN PADA MAHASISWA TINGKAT 3 PRODI S1 KEPERAWATAN STIKES HANG TUAH SURABAYA}, year={2022}, url={http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/471/}, abstract={Henti jantung adalah keadaan sirkulasi darah berhenti akibat kegagalan jantung untuk berkontraksi. Bantuan Hidup Dasar merupakan bantuan hidup lanjut pada pasien henti jantung yang bertujuan untuk menghentikan proses menuju kematian. Tingginya angka kematian akibat henti jantung salah satunya adalah faktor dari sistem pertolongan dan pengetahuan penanganan korban yang masih hanya diperuntukan untuk tenaga medis, yang seharusnya masyarakat awam juga bisa melakukannya.Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh promosi kesehatan terhadap tingkat pengetahuan bantuan hidup dasar pada mahasiswa tingkat 3 STIKES Hang Tuah Surabaya. Metode yang digunakan adalah google forms dan audio visual karena metode pembelajaran ini efektif untuk media belajar dan lebih mudah dipahami. Desain Penelitian Pre Experimental dengan rancangan One-group pre- post test design. Populasi mahasiswa tingkat 3 STIKES Hang Tuah Surabaya. Pengambilan menggunakan simple random sampling dan menggunakan 88 sampel.Variabel penelitian ini adalah pendidikan kesehatan dengan metode video pembelajaran resusi jantung paru, tingkat pengetahuan, tingkat menolong korban. Alat ukur diberikan 2 kali promosi kesehatan. Penelitian ini menggunakan kuesioner serta data dianalisa menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunujukkan faktor yang berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan dengan motivasi menolong p < 0,000 dimana, nilai p < 0,05, maka terdapat pengaruh sebelum diberikan pendidikan kesehatan dan sesudah di berikan pendidikan kesehatan tentang bantuan hidup dasar. Uji Wilcoxon diperoleh p < 0,000 dimana, nilai p < 0,05, maka terdapat pengaruh pendidikan kesehatan resusitasi jantung paru dengan metode video pembelajaran terhadap tingkat pengetahuan dan motivasi menolong. Implikasi penelitian maka diperlukan pemberian pendidikan kesehatan bantuan hidup dasar kepada mahasiswa untuk perlongan pertama korban henti jantung. Pendidikan kesehatan metode audio visual efektif terhadap mahasiswa dalam meningkatkan pengetahuan dan serta sebagai indikator peningkatan bagi mahasiswa. Kata kunci : Bantuan Hidup Dasar, Audio Visual, Mahasiswa tingkat 3} }