@thesis{thesis, author={CINDY APRILIA PUSPITA SARI}, title ={HUBUNGAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN GAME ONLINE YANG MENGANDUNG UNSUR KEKERASAN DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA SISWA KELAS IV DAN V DI SDN SEMEMI 1 SURABAYA}, year={2022}, url={http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/817/}, abstract={Perilaku agresif menjadi salah satu permasalahan yang dialami oleh anak usia sekolah yang kian meningkat. Perilaku agresif sendiri yaitu suatu tindakan untuk melukai orang lain baik secara fisik maupun verbal. Penelitian ini untuk mengetahui adanya Hubungan Lingkungan Teman Sebaya dan Bermain Game Online yang Mengandung Unsur Kekerasan dengan Perilaku Agresif pada Siswa Kelas IV dan V di SDN Sememi 1 Surabaya. Penelitian menggunakan desain Observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan data menggunakan google form, jumlah populasi 224 orang dengan sampel 144 responden siswa menggunakan teknik Probability Sampling dengan menggunakan proporational stratified random sampling. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian ini melalui uji Spearmen?s Rho menunjukkan hasil pertama ada hubungan lingkungan teman sebaya dengan perilaku agresif dengan nilai ? value 0.007 (? < 0.05). Hasil kedua, tidak ada hubungan game online yang mengandung unsur kekerasan dengan perilaku agresif dengan nilai ? value 0.180 (? > 0.05). Siswa yang mempunyai karakteristik lingkungan teman sebaya yang baik dan intensitas bermain game online yang rendah akan memungkinkan anak memiliki sikap dan perilaku yang baik, sehingga bisa meminimalisirkan perilaku agresif pada anak. Hal ini dikarenakan lingkungan yang buruk dan intensitas bermain game online yang tinggi dapat mempengaruhi perilaku. Implikasi penelitian ini diharapkan agar siswa memilih teman dengan bijak dan diharapkan untuk mencari game online yang lebih menyenangkan agar terhindar dari perilaku agresif. Kata kunci : Lingkungan Teman Sebaya, Game Online, Perilaku Agresif Anak Usia Sekolah.} }