@thesis{thesis, author={GILANG AKBAR RAMADHAN}, title ={PEMANFAATAN UNITY 3D ENGINE DALAM PEMBUATAN GAME SIMULASI JAJANAN TRADISIONAL INDONESIA BERBASIS ANDROID}, year={2019}, url={http://repository.stiki.ac.id/1425/}, abstract={Jajanan tradisional atau biasa disebut jajanan pasar merupakan jajanan yang biasa dimakan sejak beberapa generasi, dengan jajanan yang sebagai warisan budaya tersebut dapat digunakan sebagai identitas suatu negara yang dapat membedakan dengan negara lain, begitu juga dengan Negara Indonesia yang memiliki banyak sekali jenis jajanan tradisional disetiap daerahnya. Teknologi adalah salah satu tempat atau wadah untuk mengenalkan jajanan tradisional, seperti contoh game, dapat mengenalkan, mengajarkan tentang jajanan, resep jajanan dan bagaimana proses pembuatannya. Namun karena sedikitnya permainan jajanan tradisional, maka banyak masyarakat lebih memilih memainkan game bukan jajanan tradisional. Maka dari itu peneliti ini bertujuan untuk membuat game simulasi untuk mengenalkan pembuatan jajanan tradisional Indonesia berbasis Android. Pembuatan game ini menggunakan Unity 3D Engine, pada waktu memasak atau pembuatan jajanan itu digunakan ada 5 resep jajanan yaitu Lappet, Apem, Bata Anget, Sarimuka, Kue dolar. Game ini dapat dioperasikan di Android pada OS minimal Kitkat. Memiliki 2 kriteria penilaian yaitu nilai waktu dan nilai nyawa dan 4 menu utama yaitu main, resep, tentang dan keluar. Pada tahap pengujian game terhadap 3 perangkat android yang memiliki OS Kitkat, Lollipop dan Marshmallow, game dapat berjalan dengan lancar.} }