@thesis{thesis, author={Aldino Wildhan Kurniawan}, title ={APLIKASI PENGENALAN WAJAH TOPENG MALANGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY UNTUK EDUKASI SENI TOPENG}, year={2021}, url={http://repository.stiki.ac.id/1620/}, abstract={Topeng Malangan merupakan penggabungan antara seni topeng dan wayang untuk seni tari. Berbagai komponen yang unik dimiliki Topeng Malangan yaitu cerita dan karakteristik dari Topeng Malangan. Saat ini Topeng Malangan perlu diperhatikan dikarenakan mulai dilupakan disebabkan tergerus zaman modern dan juga masyarakat banyak yang belum mengenal Topeng Malangan. Hasil survey penulis mendapatkan data bahwa dari 41 responden hanya 65,9% belum mengenal Topeng Malangan sisanya 34,1% sudah mengenal Topeng Malangan, masyarakat yang mengenal beberapa tidak mengetahui karakteristik dari Topeng Malangan. Salah satu solusi saat ini yaitu mengikuti perkembangan zaman untuk melakukan pengenalan salah satunya melalui teknologi Augmented Reality dengan metode Marker Based Tracking, teknologi ini penggabungan dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk 2 dimensi ataupun 3 dimensi yang diproyeksikan dalam sebuah lingkungan nyata dalam waktu bersamaan dengan bantuan media marker untuk menampilkan objek 3 dimensinya. Tujuan pembuatan aplikasi ini untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat yang ingin mengenal Topeng Malangan dan aplikasi ini menggunakan platform Unity sebagai software pembuatan aplikasi. Kelebihan aplikasi adalah pertama dapat menampilkan Topeng Malang 3 Dimensi berbasis Augmented Reality dan juga memberikan informasi tentang Topeng Malangan disertai juga fitur dubbing atau penjelasan dengan suara di dalam pemberian informasi, Kedua terdapat fitur game kuis untuk membantu memberikan wawasan atau pengetahuan tentang Topeng Malangan kepada pengguna.} }