@thesis{thesis, author={Maulidiyah Ami S}, title ={Korelasi Antara Hafalan Al- Qur’an dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Islam Wali Songo Pungging Mojokerto Tahun Ajaran 2018/2019}, year={2019}, url={http://repository.stitradenwijaya.ac.id/132/}, abstract={Lembaga pendidikan formal maupun non formal memiliki tanggung jawab yang sama dalam mendidik siswa. Karena lembaga pendidikan memiliki metode dan sistem yang sudah tertata sedemikian rupa sehingga mampu melakukan tugas mendidik dengan baik. Selain memberikan bekal pendidikan di lembaga formal, orang tua juga mendidik anak ke lembaga non formal seperti Pondok Pesantren agar mampu mendalami bahkan menghafal Al- Qur’an di usia belajar. Kelancaran membaca Al- Qur’an adalah kemampuan utama yang harus dimiliki oleh siswa yang menginginkan kemudahan dalam menghafal. Selain itu, metode yang sudah tersusun rapi juga akan menjadi bagian terpenting dalam proses menghafal. Adapun prestasi belajar matematika menjadi sasaran untuk mengetahui hubungan dengan hafalan Al-Qur'an. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan penelitian tentang: Korelasi Antara Hafalan Al-Qur'an Dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Islam Wali Songo Pungging Mojokerto Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat korelasi. Variabel penelitiannya adalah variabel x yaitu Hafalan Al-Qur'an sedangkan variabel y yaitu prestasi belajar matematika di SMP Islam Wali Songo. Harapan yang diinginkan untuk menjadi sebuah kesimpulan, adalah 1) Diketahui rata-rata nilai kelancaran menghafal Al- Qur’an. 2) Diketahui rata- rata nilai belajar matematika. 3) Diketahui korelasi hafalan Al-Qur'an dengan prestasi belajar matematika di SMP Islam Wali Songo. Kemampuan menghafal Al- Qur’an siswa SMP Islam Walisongo memiliki rata- rata hafal 31 surat yang ada dalam juz amma yang tergolong dalam kategori baik yang memiliki prosentase sebesar 35.29 %. Hasil prestasi nilai Matematika siswa SMP Islam Walisongo memiliki rata- rata yaitu 81.97 yang tergolong baik dan memiliki prosentase sebesar 35.29 %. Setelah menggunakan rumus r serial diperoleh r hitung yaitu 1.023 yang menunjukkan nilai lebih besar dari r tabel yaitu 0.339 pada taraf signifikan 5% dan 0.436 pada taraf signifikan 1%. Sehingga menunjukkan bahwa ada korelasi antara kemampuan menghafal Al- Qur’an siswaxi dengan prestasi belajar matematika siswa SMP Islam Walisongo Pungging Mojokerto.} }