@thesis{thesis, author={Nisa Nila Rohmatin}, title ={PENERAPAN SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY (SFBT) UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA BAHASA DI SMP NEGERI 1 PANGKAJENE}, year={2021}, url={http://repository.stkip-andi-matappa.ac.id/id/eprint/5/}, abstract={Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:1) Bagaimana gambaran konsep diri siswa Bahasa di SMP Negeri 1 Pangkajene sebelum dan sesudah diberikan teknik solution focused brief therapy?, 2) Apakah penerapan teknik solution focused brief therapy dapat meningkatkan konsep diri siswa Bahasa di SMP Negeri 1 Pangkajene. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui gambaran konsep diri siswa Bahasa di SMP Negeri 1 Pangkajene sebelum dan sesudah diberikan penerapan teknik solution focused brief therapy, 2) untuk mengetahui penerapan teknik solution focused brief therapy dapat meningkatkan konsep diri siswa Bahasa di SMP Negeri 1 Pangkajene. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dengan sampel penelitian sebanyak 16 orang yang tersebar di 1 kelas. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif, hipotesis dalam penelitian yang berbunyi Ho = Tidak ada pengaruh penerapan teknik solution focused breif therapy untuk meningkatkan konsep diri siswa di SMP Negeri 1 Pangkajene dinyatakan ditolak. Hi = Ada pengaruh penerapan teknik solution focused brief therapy untuk meningkatkan konsep diri siswa di SMP Negeri 1 Pangkajene dinyatakan diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) Gambaran konsep diri siswa di SMP Negeri 1 Pangkajene sebelum diberikan teknik solution focused brief therapy berada pada kategori rendah dan menjadi meningkat pada kategori tinggi dan sangat tinggi setelah diterapkan teknik solution focused brief therapy, 2) penerapan teknik solution focused brief therapy dapat meningkatkan konsep diri siswa di SMP Negeri 1 Pangkajene, terbukti dari rata-rata perolehan hasil angket sebelum perlakuan berada pada kategori rendah setelah diberikan perlakuan yang berada pada kategori tinggi, maka dapat diketahui bahwa tingkat konsep diri siswa meningkat setelah diterapkan tenik solution focused brief therapy (SFBT).} }