@thesis{thesis, author={hidayah Rafika Iftihana}, title ={PENERAPAN PENILAIAN OTENTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN AKUNTANSI SISWA KELAS X AKL SMK NEGERI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020.}, year={2020}, url={http://repository.stkipnganjuk.ac.id/358/}, abstract={Adapaun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)Untuk mengetahui keterampilan akuntansi siswa kelas X AKL SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020 sebelum penerapan penilaian otentik.2)Untuk mengetahui keterampilan akuntansi siswa kelas X AKL SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020 setelah penerapan penilaian otentik.3)Untuk mengetahui Adakah perbedaan keterampilan akuntansi siswa kelas X AKL SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020 sebelum dan sesudah penerapan penilaian otentik dilaksanakan Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas X AKL sebanyak 105 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X AKL 1 sejumlah 35 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Kelas X AKL 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X AKL 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganailisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji t. Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nilai rata-rata post test 87 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata post test 80,80 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Db = 35 nilai ttabel = 1,69092 dan thitung = 9,510, maka thitung> ttabel yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga “Ada perbedaan yang signifikan antara menggunakan penerapan penilaian umum dengan penilaian otentik terhadap keterampilan akuntansi pada siswa kelas X AKL SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020.} }