@thesis{thesis, author={}, title ={Studi Komparasi Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Two Stay Two Stray) TSTS dan (Think Pair Share) TPS Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020}, year={2020}, url={http://repository.stkipnganjuk.ac.id/468/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi yang menggunakan model pembelajaran (Two Stay Two Stray) TSTS, 2) Untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi yang menggunakan model pembelajaran (Think Pair Share) TPS, 3)Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi antara menggunakan model pembelajaran (Two Stay Two Stray) TSTS dan model pembelajaran (Think Pair Share) TPS pada siswa kelas X IPS 3 dan kelas IPS 4. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control desaig. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas X IPS sebanyak 144 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X IPS 3 sejumlah 36 siswa dan X IPS sejumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganailisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji t. Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nilai rata-rata post test 82 untuk kelas eksperimen 1 yang berarti baik dan nilai rata-rata post test 69 untuk kelas ekperimen 2, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk N = 72 dan dk = 70, karena dk = 70 tidak tercantum dalam tabel distribusi t maka diambil nilai 60, Nilai ttabel dari dk = 60 adalah 2,000. Sedangkan nilai thitung = 8,227 yang berarti thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi antara menggunakan model pembelajaran (Two Stay Two Stray) TSTS dan model pembelajaran (Think Pair Share) TPS terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020”.} }