@thesis{thesis, author={PAHLEVI REZI ACHMAD}, title ={Studi Komparatif Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Dengan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variable Siswa Kelas X Smk Pgri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020.}, year={2020}, url={http://repository.stkipnganjuk.ac.id/69/}, abstract={Tujuan peneliti ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), 2) untuk mengetahui halis belajar matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw, 3) untuk mengetahui apakah model pembelajaran Realistic Mathematics Education lebih baik di banding model Jigshaw pada kelas kontrol pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian experimen . tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas X sejumlah 61 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X Akutansi 1 sejumlah 30 siswa dan X Akutansi 2 sejumlah 31 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tulis. Kelas X Akutansi sebagai kelas kontrol dan kelas X Akutansi 2 Sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisisdata dalam penelitian ini adalah analisis data ststistik t – tes. Berdasarkan hasil nilai tes. Siswa menunjukan nilai rata – rata pos test 73,33 untuk kelas kontrol dan nilai rata – rata pos test 77,7 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, erdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk dk = 59 nilai ttabel = 2,579 dan thitung = 2,001. Maka thitung ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education lebih baik daripada model pembelajaran Jigshaw terhadap hasil belajar matematika dalam materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel pada peserta didik Kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020.} }