@thesis{thesis, author={Khusaini Farizal}, title ={ANALISIS KESALAHAN BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KECEMASAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PACITAN}, year={2020}, url={https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/138/}, abstract={ABSTRAK Farizal Khusaini. Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kecemasan Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pacitan. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020. Tujuan dari penelitian ini yang pertama untuk mengetahui kesalahan siswa dalam mengerjakan soal trigonometri berdasarkan prosedur newman ditinjau dari tingkat kecemasan rendah. Kedua yaitu untuk mengetahui kesalahan siswa dalam mengerjakan soal trigonometri berdasarkan prosedur newman ditinjau dari tingkat kecemasan sedang. Ketiga yaitu untuk mengetahui kesalahan siswa dalam mengerjakan soal trigonometri berdasarkan prosedur newman ditinjau dari tingkat kecemasan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X RPL SMK Negeri 1 Pacitan tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 1 kelas yang berjumlah 19 siswa dikarenakan adanya pandemi covid-19 sehingga penelitian yang dilakukan menjadi lebih terbatas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kecemasan, dan tes uraian untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan Miles Huberman. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kecemasan rendah meliputi, kesalahan transformasi, kesalahan proses dan kesalahan menarik kesimpulan. 2) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kecemasan sedang meliputi, kesalahan proses dan kesalahan menarik kesimpulan. 3) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kecemasan tinggi meliputi, kesalahan dalam pemahaman, kesalahan tranformasi, kesalahan proses, dan kesalahan menarik kesimpulan. Kata Kunci: Kecemasan Siswa, Newman`s Error Analysis (NEA), Hasil Belajar Matematika} }