@thesis{thesis, author={AMINULLOH ALFAN SAIFUT and ERVIANA LINA and PURNAMASARI MEGA ISVANDIANA}, title ={ANALISIS KESIAPAN SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR INKLUSI KABUPATEN PACITAN WILAYAH TIMUR}, year={2024}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1507/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana kesiapan fisik dan sarana prasarana SDN Sudimoro 1 dan SDN 2 Tanjung Lor dalam proses pelaksanaan pendidikan inklusi, 2) Mengetahui kesiapan sumber daya manusia di SDN Sudimoro 1 dan SDN 2 Tanjung Lor dalam proses pelaksanaan pendidikan inklusi, 3) Mengetahui apa saja yang menjadi hambatan SDN Sudimoro 1 dan SDN 2 Tanjung Lor dalam penyelenggaraan pendidikan Inklusif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil analisis dalam penelitian ini diuraikan dengan menggunakan kata-kata biasa. Hasil dari penelitian ini diperoleh data sebagai berikut. 1) Berdasarkan hasil observasi ketersediaan sarana dan prasarana di SDN Sudimoro 1 dan SDN 2 Tanjung Lor diperoleh persentase kesiapan sebesar 62,5% sehinggga dapat disimpulkan bahwa kedua sekolah dasar ?Siap? dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif, 2) SDN Sudimoro 1 dan SDN 2 Tanjung Lor Secara kesiapan tenaga pendidik dapat dikatakan ?Siap? karena pada sekolah tersebut sudah terdapat lebih dari 2 Guru Pendamping Khusus (GPK) yang sudah mengikuti lokakarya serta workshop sebagai GPK, 3) Hambatan yang dihadapi SDN Sudimoro 1 dan SDN 2 Tanjung Lor dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif meliputi kurangnya beberapa fasilitas pendukung seperti media pembelajaran dan belum adanya aksesbilitas bagi anak berkebutuhan khusus serta kurangnya atensi dari orangtua siswa. Kata Kunci: Kesiapan, Sekolah Dasar, Sekolah Inklusi, Pendidikan Inklusif} }