@thesis{thesis, author={AL FATH AYATULLAH MUHAMMADIN and PRASETIYIAWAN ANDIK and SURYATIN SURYATIN}, title ={PENGEMBANGAN GAME FUN MATH PROFICIENT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PECAHAN DI SEKOLAH DASAR}, year={2024}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1509/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peran guru dalam membentuk karakter sikap tanggung jawab siswa di kelas V SDN II Gunungsari. 2) Cara pembentukan karakter sikap tanggung jawab pada era digital di kelas V SDN II Gunungsari. 3) hambatan yang dialami guru dalam pembentukan karakter sikap tanggung jawab di era digital pada kelas V SDN II Gunungsari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN II Gunungsari. Metode pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru dalam membentuk karakter sikap tanggung jawab adalah sebagai pendidik, pembimbing, teladan dan motivator. Guru mendidik siswa untuk memiliki sikap tanggung jawab melalui integrasi kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam pembelajaran, membimbing siswa dala melaksanakan tanggung jawabnya, memberikan teladan dan mendorong siswa untuk selalu bertanggung jawab serta memberikan pujian ketika siswa telah melakukan tanggung jawabnya. 2) Pembentukan karakter sikap tanggung jawab melalui beberapa cara yaitu dengan menggunakan metode pemahaman, pembiasaan, nasihat, keteladanan, dan hadiah. 3) Hambatan yang dialami guru dalam pembentukan karakter sikap tanggung jawab di era digital yaitu akses dan gangguan teknologi, kurangnya pemahaman siswa tentang tanggung jawab di era digital, terlalu banyak distraksi, dan kelebihan informasi. Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Tanggung jawab, Era Digital} }