@thesis{thesis, author={AL FATH AYATULLAH MUHAMMADIN and ERVIANA LINA and HARYONO ANISA RATIH}, title ={KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS I MENGGUNAKAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) DI SD NEGERI 3 TEMON}, year={2024}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1512/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca permulaan di kelas 1 SD Negeri 3 Temon, pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan menggunakan metode SAS. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di SD Negeri 3 Temon sebagian besar siswa yang sudah mampu membaca dengan baik dan lancar. Karena adanya motivasi siswa dalam belajar membaca dapat membuat siswa tersebut lancar dan dapat membaca dengan baik. Selain itu juga masih ada siswa yang belum bisa membaca dengan baik dan belum lancar. Sehingga pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan menggunakan metode SAS, dapat diketahui bahwa penggunaan metode SAS dapat membantu proses pembelajaran serta membuat siswa semangat dalam belajar dan berlatih membaca. Melalui penggunaan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Kata Kunci : Kemampuan Membaca , Membaca Permulaan, Metode SAS} }