@thesis{thesis, author={AL FATH AYATULLAH MUHAMMADIN and HERMAWAN DEBI and SUGIYONO SUGIYONO}, title ={DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN NGADIREJAN}, year={2024}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1521/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Penggunaan Gadget Pada Proses Kegiatan Belajar Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Ngadirejan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah 1 guru dan 30 siswa kelas V. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif yang terdiri dariobservasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa: 1) Penggunaan gadget sebagai media pembelajaran dan sumber belajar yang berfungsi untuk menunjang proses pembelajaran, 2) Evaluasi hasil belajar siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan media gadget termasuk dalam kategori penilaian baik, siswa sudah mampu menggunakan gadget untuk melakukan kegiatan pembelajaran sesuai instruksi, gadget sudah dimanfaatkan secara efektif untuk mencari informasi dan referensi terkait pembelajaran, 3) Dampak dari penggunaan gadget sebagai media pembelajaran dapat menambah pengetahuan siswa, membangun dan melatih kreativitas siswa, mempermudah komunikasi, memperluas jaringan persahabatan, mempermudah pencarian referensi dan sumber belajar lain. Kata Kunci: Gadget, belajar mengajar, hasil belajar} }