@thesis{thesis, author={HENDRIYANTO AGOES and KHALAWI HASAN and RUSADY DEVI ANI}, title ={IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SDN 2 HADIWARNO}, year={2024}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1523/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk memahami proses kegiatan pembelajaran berlangsung terutama pada saat guru sedang memaparkan materi pelajaran dalam penanaman pendidikan karakter pada siswa. (2) Untuk mengungkap penggunaan sumber belajar pegangan guru melalui mata pelajaran P5 dapat mengembangkan karakter siswa . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti mendeskripsikan berdasarkan permasalahan penanaman Pendidikan karakter pada siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Negeri 2 Hadiwarno. Pendidikan tidak hanya mengenai lancar dalam membaca dan menulis melainkan dapat memiliki nilai-nilai karakter sesuai dengan pancasila hal itu dikarenakan keduanya memiliki dampak yang sangat besar dalam Pendidikan. Data yang diperoleh berasal dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi pada kelas IV SD Negeri 2 Hadiwarno. Subjek peneliti adalah 2 guru kelas, dan 13 siswa kelas IV SD Negeri 2 Hadiwarno. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 2 Hadiwarno berjalan sesuai modul ajar yang telah tersedia, (2) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila mampu mengembangkan karakter siswa sesuai Profil Pelajar Pancasila, (3) Kegiatan pembelajaran dan penggunaan sumber belajar sudah mencangkup 6 dimensi indikator dalam Profil Pelajar Pancasila, (4) Kegiatan Pembelajaran disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan siswa serta kemampuan yang dimiliki guru. Kata Kunci: projek penguatan profil pelajar pancasila, perangkat ajar, pendidikan karakter} }