@thesis{thesis, author={AL FATH AYATULLAH MUHAMMADIN and GUSWINDRAYANI DEVI and SUGIYONO SUGIYONO}, title ={EFEKTIVITAS GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MEMPERKUAT MINAT BACA SISWA KELAS V SD NEGERI PONGGOK}, year={2024}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1524/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses gerakan literasi sekolah di SD Negeri Ponggok. (2) Kondisi minat baca siswa kelas V sebelum dan sesudah diadakan gerakan literasi sekolah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pedekatan studi kasus. Teknik yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses gerakan literasi sekolah di SD Negeri Ponggok dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Pada tahap pembiasaan, dilaksanakan dengan mengadakan beberapa program diantaranya, membaca tiga menit sebelum pembelajaran, membaca dalam hati, membaca nyaring, pengadaan pojok baca, dan lomba literasi. Pada tahap pengembangan siswa dituntut untuk dapat memahami, dan berdiskusi bersama. Pada tahap pembelajaran siswa diajak untuk berfikir kreatif dengan ikut serta dalam membuat karya seperti poster. Sedangkan kondisi minat baca siswa kelas V SD Negeri Ponggok sebelum adanya gerakan literasi sekolah tergolong masih rendah. Hal ini diketahui dari kebiasaan siswa yang jarang membaca, dan sulit untuk memahami bacaan. Setelah diadakannya program gerakan literasi sekolah kondisi minat baca siswa sudah cenderung mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat perubahan respon siswa dalam berliterasi seperti siswa menjadi gemar membaca, sering mengunjungi pojok baca, dan banyak berdiskusi. Kata kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Literasi, Minat Baca} }