@thesis{thesis, author={HANDAYANI NITA NURROHMAH and MUSTOFA ARIF and PAMUNGKAS SRI}, title ={PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS VA SD NEGERI BANGUNSARI}, year={2024}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1545/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan metode mind mapping serta dampak penerapan mind mapping dalam pembelajaran tematik kelas Va SD Negeri Bangunsari.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas Va SD Negeri Bangunsari. Objek penelitiannya merupakan penerapan metode mind mapping pada pembelajaran tematik kelas Va SD Negeri Bangunsari. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu penjodohan pola, eksplanasi, dan analisis deret waktu. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dantriangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran tematik kelas Vamateri cerita nonfiksi menunjukkan adanya interaksi guru dengan siswa yang baik yaitu siswa menjadi aktif dalam melakukan tanya jawab dengan guru yang dibuktikan dengan hasil capaian 13 siswa dengan kategori baik, 6 siswa dengan kategori cukup baik, dan 1 siswa dengan kategori cukup. (2) penggunaan metode mind mapping memberi dampak yang positif terhadap pembelajaran yaitu siswa menjadi lebihbersemangat dan antusias, siswa menjadi lebih mudah memahami materi dan lebih mudah mengingat materi. Kata Kunci: Pembelajaran, Mind Mapping, Tematik, Teks.} }