@thesis{thesis, author={MUSTOFA ARIF and PAMUNGKAS SRI and ROHMAH NOVI HIDAYATUR}, title ={PENERAPAN METODE JOYFULL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA MATERI TEMBANG DOLANAN}, year={2024}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1548/}, abstract={Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Nuril Islam Pacitan tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan kategori, interpretasi langsung, membentuk pola atau mencari kesepadanan antara dua kategori, dan mengembangkan generalisasi naturalistik melalui analisa data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode joyfull learning dalam pembelajaran bahasa Jawa materi tembang dolanan pada siswa kelas IV SD Nuril Islam Pacitan tahun pelajaran 2022/2023 memberikan nuansa pembelajaran yang menyenangkan serta dapat membantu mengurangi rasa bosan siswa terhadap pembelajaran bahasa Jawa, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai tanpa adanya beban belajar. Dengan demikian, penerapan metode joyfull learning memberi dampak positif dalam pembelajaran bahasa Jawa materi tembang dolanan diantaranya adalah: (1) suasana belajar rileks dan menyenangkan; (2) antusias belajar siswa bertambah; (3) merangsang kreativitas dan aktivitas siswa; dan (4) menjalin kerja sama antarsiswa. Oleh karena itu, metode joyfull learning sangat tepat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Jawa materi tembang dolanan pada siswa kelas IV SD Nuril Islam Pacitan tahun pelajaran 2022/2023. Kata Kunci: Joyfull Learning, Tembang Dolanan, Pembelajaran bahasa Jawa} }