@thesis{thesis, author={BURHANUDDIN AFID and MUKODI MUKODI and WATI PUTRI AMBAR}, title ={NILAI-NILAI PENDIDIKAN DAN BUDI PEKERTI MATA PELAJARAN BAHASA JAWA DI SDN NEGERI 2 KARANGMULYO}, year={2024}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1551/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis; 1) pembelajaran mata pelajaran bahasa Jawa di SD Negeri 2 Karangmulyo; 2) praktik budi pekerti dalam mata pelajaran bahasa Jawa di SD Negeri 2 Karangmulyo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan dekriptif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas tiga dan kelas empat serta guru wali kelas tiga dan guru wali kelas empat yang melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data wawancara terhadap siswa digunakan teknik pusporsive sampling yaitu dengan memilih tiga siswa dari kelas tiga dan tiga siswa dari kelas empat serta guru wali kelas tiga dan guru wali kelas empat. Teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman yaitu reduksi data, display dan verivikasi data. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa: 1) mata pelajaran bahasa Jawa dapat digunakan sebagai mata pelajaran penanaman budi pekerti siswa dengan cara memberikan pembelajaran dengan mengaitkan materi pembelajaran bahasa Jawa dengan kehidupan sehari-hari siswa. 2) Praktik budi pekerti di SD Negeri 2 Karangmulyo dilaksanakan, baik pada saat pembelajaran mata pelajaran bahasa Jawa dan pembiasaan. Praktik budi pekerti telah dilaksanakan oleh sekolah yaitu dengan penerapan pembiasaan siswa; berdoa sebelum belajar, penerapan 5 S, menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengaji dan membaca surah pendek. Kata Kunci: Pendidikan, Pembelajaran Bahasa Jawa} }