@thesis{thesis, author={MUKODI MUKODI and PUTRI RANNY APRILIA and TISNGATI URIP}, title ={STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA BERBASIS SEKOLAH ADIWIYATA DI SD NEGERI 2 PURWOASRI}, year={2024}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1554/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) strategi pembinaan pelajar Pancasila Berbasis sekolah Adwiwiyata di SD Negeri 2 Purwoasri, (2) Profil pelajar Pancasila siswa kelas IV melalui program sekolah Adiwiyata di SD Negeri 2 Purwoasri. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembinaan karakter pelajar Pancasila berbasis sekolah Adiwiyata dilakukan pada saat pembelajaran, kegiatan pembiasaan, dan kegiatan ekstrakurikuler yang menjadikan siswa terbiasa menjadi siswa yang memiliki karakter pelajar pancasila dan berbasis sekolah Adiwiyata di SD Negeri 2 Purwoasri. Semua kegiatan strategi pembinaan karakter pelajar Pancasila berasis sekolah Adiwiyata dilaksanakan secara rutin dan bergantian. (2) Pembinaan karakter pelajar Pancasila di SD Negeri 2 Purwoasri dilaksanakan pada saat pembelajaran, kegiatan pembiasaan, dan kegiatan ekstrakurikuler kegiatan program Adiwiyata juga disisipkan ke dalam pelajaran di kelas sehingga siswa dapat bertindak sesuai dengan apa yang sudah di ajarkan. Kegiatan terealisasikan di sekolah tergolong sangat baik dengan adanya modul, sumber pembelajaran yang berbasis lingkungan hidup, program kegiatan rutin dan bergantian untuk dilaksanakan. Siswa mampu bekerja sama, dan menghargai temannya. Memungut sampah lalu mampu mengolah barang bekas menjadi sebuah kerajinan, dan melaksanakan kegiatan bersama bersama terutama beribadah. Kata Kunci: Adiwiyata, Karakter, Pelajar, Pembinaan, Strategi} }