@thesis{thesis, author={PUSPITASARI INDAH and TISNGATI URIP and WIDYASTUTI SILVIANA}, title ={ANALISIS KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR DI DESA MANTREN PUNUNG}, year={2024}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1563/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk kesulitan membaca dan menulis yang dialami siswa kelas rendah di Sekolah Dasar Negeri 1 Mantren dan Sekolah Dasar Mantren 2; (2) Mendeskripsikan penyebab siswa kelas rendah mengalami kesulitan membaca serta menulis di Sekolah Dasar Negeri 1 Mantren serta Sekolah Dasar Negeri 2 Mantren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas rendah Sekolah Dasar Negeri 1 Mantren dan Sekolah Dasar Negeri 2 Mantren. Data diperoleh dari observasi, wawancara, tes diagnostik. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan uji kredibilitas dengan metode triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat siswa yang mengalami kesulitan membaca yaitu dalam mengenal huruf, membaca kata, membaca kata yang tidak memiliki arti, serta kelancaran membaca nyaring dan pemahaman isi bacaan. Selanjutnya kesulitan menulis yang siswa alami yaitu pada menulis kalimat sederhana dengan memperhatiakn penggunaan huruf kapital dan tanda titik; (2) penyebab kesulitan belajar siswa kelas rendah yaitu kurangnya minat belajar dari diri siswa dan kurangnya dukungan keluarga dalam belajar membaca dan menulis. Kata Kunci: kesulitan, membaca, menulis, siswa kelas rendah} }