@thesis{thesis, author={AL FATH AYATULLAH MUHAMMADIN and ERVIANA LINA and NINGRUM VIGA MALIKA}, title ={KETERAMPILAN MENULIS PADA MATERI PEMBELAJARAN AKSARA JAWA UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS SISWA KELAS III SDN BANGUNSARI}, year={2024}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1567/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan keterampilan menulis yang dimiliki siswa kelas III SDN Bangunsari pada materi pembelajaran aksara Jawa; (2) mengetahui beberapa upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan kreativitas siswa dalam menulis aksara Jawa. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Kualitatif deskriptif adalah penelitian yang digunakan pada tempat penelitian yang alamiah dimana peneliti sebagai instrumen kunci. Subjek atau sumber data penelitian yang digunakan adalah guru kelas dan 10 siswa kelas III yang diambil sampel dari 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan tes. Tes yang digunakan yaitu tes pada keterampilan menulis aksara Jawa. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa: 1) Kemampuan keterampilan menulis Aksara Jawa pada siswa kelas III yaitu siswa sudah mampu dan terampil menulis aksara Jawa dengan tepat, terampil dalam menuliskan perbedaan bentuk huruf aksara Jawa yang hampir mirip dan siswa juga terampil dalam menulis aksara Jawa dengan sangat rapi dan teliti; 2) Upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan kreativitas siswa dalam menulis aksara Jawa ini adalah tekun, memberikan metode drill atau latihan, memberikan apresiasi pada setiap hasil tulisan yang dikerjakan siswa, upaya yang terakhir yaitu menciptakan strategi pembelajaran yang lebih berinovasi dan kreatif, sehingga dapat membuat siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan. Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Aksara Jawa, Kreativitas.} }