@thesis{thesis, author={ERVIANA LINA and PRABOWO WISNU DWI and SETYOWATI ERNA}, title ={PENERAPAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 GUNUNGSARI}, year={2024}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1570/}, abstract={Penelitian bertujuan mendeskripsikan: 1) proses perencanaan pendidikan kewirausahaan di SDN2 Gunungsari; 2) proses pelaksanaan pendidikan kewirausahaan di SDN2 Gunungsari; 3) proses evaluasi pendidikan kewirausahaan di SDN2 Gunungsari. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru kelas, orang tua siswa, dan peserta didik kelas IV di SDN2 Gunungsari. Objek penelitian berupa pelaksanaan pendidikan kewirausahaan meliputi proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data dengan langkah-langkah yang dikemukakan Miles dan Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dan verivikasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perencanaan pendidikan kewirausahaan direncanakan melalui rapat pembahasan program, kemudian hasilnya dijabarkan guru dalam berbagai kegiatan. Pelaksanaan pendidikan kewirausahaan dilaksanakan secara terintegrasi melalui mata pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan kultur sekolah; 2) Pelaksanaan pendidikan kewirausahaan melalui kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dengan market day, home skill, dan kunjungan industry; 3) Evaluasi pendidikan kewirausahaan dilakukan dengan membuat daftar cek list untuk menilai perkembangan serta kemampuan peserta didik dalam belajar kewirausahaan. Kata kunci : penerapan, pendidikan, kewirausahaan} }